Identitas Offline dan Identitas Online



1.    Definisi Identitas
Kata identitas berasal dari bahasa Inggris identity yang memiliki pengertian harfiah yaitu; ciri, tanda atau jati diri yang melekat pada seseorang, kelompok atau sesuatu sehingga membedakan dengan yang lain.

Ø  Identitas terbagi menjadi 2 yaitu:
a. Identitas Diri yaitu Refleksi diri atau cerminan diri yang berasal dari individu,keluarga, teman dan kesadaran akan diri sendiri yang bersumber dari observasi dan penilaian.
b.    Identitas Dunia Maya yaitu Dunia maya atau infosphere online game, second life, dan jejaring sosial, identitas seseorang juga dipengaruhi lingkungannya.

2.    Definisi Identitas Online
Identitas online ini, bagi sebagian mereka paling tidak merupakan perwujudan dari identitas offline atau keseharian. Dengan demikian identitas online merupakan identitas seorang manusia di kehidupan dunia mayanya.
ü  Contoh Identitas online
Avatar adalah gambar kecil yang digunakan sebagai penanda diri atau penanda sebuah blog, avatar biasanya berupa foto wajah atau sebuah logo. Dengan avatar ini diharapkan akan menarik perhatian seseorang jika kita membuat sebuah profil, penggunaan avatar sekarang yang populer adalah pada komentar blog, terutama wordpres, yaitu sebuah gambar kecil di samping nama user.
ü  Kamus ensiklopedia ‘on-line’ wikipedia menjelaskan avatar sebagai:
1)    Suatu representasi diri pengguna internet baik yang bersifat 3D (3 dimensi) seperti yang diaplikasikan dalam game komputer.
2)    Icon-2D (2 dimensi) yang digunakan dalam forum internet
3)    Konstruksi teks yang pada mulanya dikenal dalam sistem MUDs (Multi-User Dungeons), yakni suatu permainan (game) komputer yang mengkombinasikan elemen-elemen ‘role-playing‘, game berkarakter ‘hack and slash‘ (memuat unsur kekerasan), dan ruang ‘chat‘ atau obrolan sosial.
Keterangan:
Pengertian avatar secara literal diambil dari terminologi Sanskerta yang kemudian diambil ke dalam tradisi bahasa Yunani dan Latin yang bermakna ‘penampakan spiritual’ (‘incarnation‘, dalam bahasa Inggris). Adalah Neil Stephenson yang pertama kali mempopulerkan istilah avatar ini ke dalam komunitas cyber melalui novel ber-genre cyberpunk yang terkenal Snow Crash pada tahun 1992.




Contoh gambar avatar :






ü  Definisi Komunitas Virtual
Komunitas atau Community adalah sekumpulan individu yang biasanya memiliki minat yang sama. Sebuah komunitas biasanya terbentuk karena memiliki kebutuhan yang sama (ataupun tidak) pada sebuah minat tertentu. Virtual adalah dunia yang biasanya kita sebut sebagai dunia maya atau cyber space yaitu sebuah dunia komunikasi berbasis computer yang menawarkan realitas baru.

ü  Perbedaan Komunitas Virtual dan Komunitas Dunia Nyata
Bila pada komunitas dunia nyata paling tidak orang - orang yang mengawali adanya komunitas itu harus bertemu, sedangkan di komunitas virtual orang-orang tersebut tidak perlu bertatap muka secara langsung atau bahkan tidak perlu saling kenal terlebih dahulu. Yang dibutuhkan hanya kesamaan minat dan alamat e-mail. Sedangkan komunitas non-virtual mengawali berdirinya dengan pertemuan antar pendiri terlebih dahulu.

ü  Persamaan Komunitas Virtual dengan Group
Sebuah komunitas adalah kesamaan minat maka sebuah website yang memberikan informasi terhadap minat tertentu juga kemudian menjadi bentuk komunitasnya sendiri. Ini bisa dilihat dari web community yang saat ini sangat besar penggunanya yaitu facebook.

ü  Karakteristik komunitas virtual yang sukses
1)    Menetapkan tujuan
2)    Menciptakan tempat berkumpul yang nyaman
3)    Membuat profil member yang baik dan tidak ketinggalan jaman
4)    Design yang baik
5)    Mengembangkan program kepeminpinan yang kuat
6)    Menetapkan peraturan
7)    Mengembangkan acara pribadi
8)    Membuat acara khusus
9)    Memfasilitasi anggota untuk menjalankan subgrup

Komentar